Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jarang Dikenal, Inilah Tokoh Islam Pejuang Kemerdekaan

Masih dalam suasana HUT RI, rasa patriotisme dan cinta tanah air juga masih berbekas di dalam dada. Sejak hari kemerdekaan kemarin, rasa takjub dan penasaran menghantui pikiran ini. Ingin rasanya mengenal para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan.

Ternyata, di balik kemerdekaan Indonesia, terdapat banyak tokoh islam dan ahlul bait yang berperan dalam kesuksesan bangsa kita. Siapa sajakah mereka?

1. Raden Saleh bin Yahya
Beliau lahir pada tahun 1807.
Beliau bergelar sebagai Ksatria Belanda dan Bapak Ilmu Seni Lukis Indonesia.
Beliau wafat di kota Bogor, 23 April 1880.

2. Habib Abu Bakar bin Syahab
Beliau lahir di Jakarta, 24 Oktober 1870. Dan ayah beliau kelahiran kota Tarim, Hadramaut, Yaman.

Dalam situasi dan tekanan kolonial yang keras, beliau berhasil mendirikan Perguruan Islam bersama para Alawiyyin. Beliau juga mendirikan Sekolah Putra dan Putri di Tanah Abang. Pada tahun 1901, beliau mendirikan PI Jamiat Kheir. Dan beliau Wafat pada tanggal 18 Maret 1944.

3. Abdurrahman Baswedan
Beliau lahir di kota Surabaya, 9 September 1908. Beliau adalah pejuang kemerdekaan, muballigh dan sastrawan Indonesia.

Abdurrahman Baswedan adalah salah satu diplomat Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan pertama dari Mesir mengenai eksistensi De Jure dan De Facto. Beliau wafat di Jakarta pada tanggal 16 Maret 1986.

4. Faradj Martak
Beliau lahir di kota Hadramaut, Yaman pada tahun 1897. Beliau merelakan rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur untuk digunakan sebagai tempat upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia, lengkap dengan pengibaran Sang saka Merah Putih. 🇮🇩

Beliau juga membantu menyembuhkan penyakit beri-beri dan malaria Bung Karno sebelum proklamasi kemerdekaan di kumandangkan. Beliau Wafat di kota Aden, Yaman pada tahun 1962.

5. Syarif Abdul Hamid al-Qodri atau yang disebut Sultan Hamid II.
Beliau lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, 12 Juli 1913. Beliau adalah perancang lambang Republik Indonesia (Garuda Pancasila). Dan beliau wafat di Jakarta, 30 Maret 1978.

6. Habib Husein Muthahar
Beliau lahir di kota Semarang, 5 Agustus 1916. Beliau wafat pada tanggal 9 Juni 2004.

Habib Husein adalah pendiri paskibraka dan pencipta lagu kebangsaan 'hari merdeka'. Karya terakhir beliau adalah dirgahayu Indonesiaku, yang menjadi lagu resmi ulang tahun ke-50 kemerdekaan Indonesia.

3. Ali Alathas
Beliau lahir di kota Jakarta, 4 November 1932. Beliau adalah blasteran Yaman-Sunda. Panggilan akrab beliau adalah Alex.

Beliau adalah seorang diplomat Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negri Republik Indonesia di bawah Presiden Soeharto.

4. Mar'ie Muhammad
Beliau lahir di kota Surabaya, 3 April 1939. Dan beliau wafat di kota Jakarta, 11 Desember 2016.

Beliau menghabiskan hidupnya dengan mengisi sejumlah posisi penting di sektor keuangan dan beliau mendapat gelar Mr. Clean karena perjuangannya memberantas korupsi.

Sebagai bangsa Indonesia, sudah sewajarnya kita mengetahui dan menghargai jasa para pahlawan. Dan hendaknya, timbul rasa terima kasih kepada mereka yang telah berjuang. Karena Rasulullah SAW bersabda,

من لم يشكر الناس لم يشكر الله

"Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia, berarti dia tidak bersyukur kepada Allah."

📚 Dikutip dari berbagai sumber

Wallahualam bisawab

Post a Comment for "Jarang Dikenal, Inilah Tokoh Islam Pejuang Kemerdekaan"